Fakultas Ilmu Komputer

Ada apa saja di Fakultas Ilmu Komputer UNUSIDA ?
Ayo kunjungi Fakultas Ilmu Komputer UNUSIDA
>> Tentang FILKOM <<
Fakultas ilmu komputer adalah sebuah fakultas di Universitas NU Sidoarjo yang mempelajari ilmu dan teknologi yang terkait dengan komputer, multimedia dan desain grafis. Beberapa program studi yang ada di fakultas ilmu komputer adalah:
Teknik Informatika: Program studi ini mempelajari teknologi informasi dan cara mengolah data dengan menggunakan komputer.
Sistem Informasi: Program studi ini mempelajari cara mengelola, menyimpan, dan menganalisis data dengan menggunakan sistem informasi.
Desain Komunikasi Visual: Program studi ini mempelajari dasar-dasar ilmu desain grafis, multimedia, seni media rekam, dan digital branding.
Di fakultas ilmu komputer, mahasiswa akan belajar tentang teknologi informasi, cara mengelola data dengan menggunakan komputer dan implementasi desain multimedia dalam sistem komputer. Mereka akan belajar tentang cara membuat program komputer, desain multimedia, desain grafis digital dan mengelola sistem informasi di perusahaan atau organisasi. Mahasiswa juga akan belajar tentang cara kerja dan perancangan sistem komputer, desain multimedia, desain grafis yang selaras dengan kebutuhan dengan revolusi industri 4.0 dengan memperhatikan amaliyah aqidah ahlussunnah wal jamaah an nahdliyah.

Program Studi

SEPUTAR SI UNUSIDA

Program Studi Sistem Informasi merupakan salah satu program studi yang berada di lingkungan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo. Program studi ini didirikan pada tahun 2014 dengan diterbitkannya Izin Penyelenggaraan Program Studi Sistem Informasi (S1) pada Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan Surat Keputusan Nomor 195/E/O/2014 tertanggal 4 Juli 2014.

Program Studi Sistem Informasi terus berupaya menjalankan proses akademik (pendidikan dan pembelajaran, penelitiain dan pengabdian) dengan baik untuk menghasilkan output yang bermutu. Perbaikan kualitas pada proses belajar dan mengajar (PBM) terus menerus dilaksanakan untuk mengubah input (mahasiswa) yang telah diterima dengan sistem rekrutmen yang baku sehingga menjadi output (lulusan) yang kompeten dengan kualitas yang baik. Meskipun demikian, Program Studi Sistem Informasi secara terus menerus meningkatkan kompetensi diri terutama SDM dosen dalam pelaksanaan proses akademik. Yang tidak kalah penting adalah perbaikan fasilitas, kelengkapan sarana dan prasarana pendukung sehingga proses pelaksanaan akademik terutama pendidikan dan pengajaran dapat terlaksana dengan baik pada suasana akademik yang nyaman. Selain itu, Program Studi Sistem Informasi secara terus menerus aktif membangun sistem penjaminan mutu secara internal dan perlu juga penjaminan mutu eksternal melalui akreditasi oleh lembaga akreditasi nasional (LAM INFOKOM) untuk membangun kepercayaan masyarakat luas (publik) dan melestarikan eksistensinya agar terhindar dari kemunduran. Program Studi Sistem Informasi di UNUSIDA menerapkan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan di masyarakat, sehinga menghasilkan lulusan yang siap bekerja dan berwirausaha.

APA YANG DIPELAJARI?
- Kecerdasan Bisnis
- Pemrograman Integrative
- Sistem Informasi Geografis
- Sistem Cerdas
- Manajemen Proyek
- Technopreneurship

PROSPEK KERJA
- Enterprise Resource Planning (ERP)
- Database Administrator
- Data Analyst/ Data Scientist
- IT Planner
- Project Management
- UI/UX Developer
SEPUTAR DKV UNUSIDA
Program Studi unggulan dan berperan serta mengembangkan ilmu pengetahuan yang kompetitif dalam bidang Desain Grafis, Multimedia, dan Advertising pada perguruan tinggi dibawah naungan Nahdlatul Ulama sehingga menghasilkan lulusan yang siap bekerja dan bersaing di dunia kerja serta mampu menjadi entrepreneurship.

APA YANG DIPELAJARI?
- Fotografi dan Videografi
- Komputer Grafis
- Media dan Branding
- Animasi
- 3D Modelling
- Tipografi

PROSPEK KERJA
- Entrepreneurship Bidang Desain Grafis
- Visual Designer
- UI/UX Designer
- Design Consultant
- Editor Film dan Video
- Fotografer
- Animator
- Ilustrator
SEPUTAR TIF UNUSIDA

Teknik Informatika Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (TIF UNUSIDA) didirikan tahun 2014. Hal tersebut bersamaan dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 195/E/O/2014 tentang Izin Pendirian Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo di Kabupaten Sidoarjo Provinsi Sidoarjo yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Nahdlatul Ulama disingkat NU di Provinsi daerah Ibukota Jakarta, Tanggal 4 Juli 2014. Melalui SK Mendikbud Nomor 195/E/O/2014 disetujui 10 Program Studi, yaitu: (1) Teknik Industri, (2) Teknik Kimia, (3) Teknik Lingkungan, (4) Teknik Informatika, (5) Sistem Informasi, (6) Desain Grafis, (7) Manajemen, (8) Akuntansi, (9) Pendidikan Guru SD, dan (10) Pendidikan Bahasa Inggris. Berdirinya TIF UNUSIDA ini tidak lepas dari Sejarah UNUSIDA yang mana diinisiasi oleh PCNU Sidoarjo yang saat itu dipimpin oleh Rois Syuriah KH. Ahmad Rofiq Siroj dan Ketua Tanfidiyah Drs. KH. Abdy Manaf.

Program Studi TIF di UNUSIDA menerapkan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan di masyarakat, sehinga menghasilkan lulusan yang siap bekerja dan berwirausaha. Lulusan dari Teknik Informatika Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (TIF UNUSIDA) ditargetkan memiliki kompetensi/skill di bidang Pemrograman dan Jaringan Komputer Dasar. Pemrograman yang dimaksud adalah Pemrograman Web, Pemrograman Android, dan Pemrograman Desktop. Selain memiliki kompetensi/skill, lulusan dari TIF UNUSIDA sebelumnya akan dibekali dengan akidah anti radikal yaitu akidah Ahlussunnah Wal Jama’ah An-Nahdliyyah dan pendidikan Akhlakul Karimah sehingga lulusan TIF UNUSIDA dapat menjadi Professional yang Berakidah serta Berakhlakul Karimah.

APA YANG DIPELAJARI?
- Android Programming
- Web Programming
- Jaringan Komputer
- Teknik Pengembangan Game
- Artificial Intelligence
- Technopreneurship

PROSPEK KERJA
- Software Engineer & Developer
- Cyber Security Analyst
- Data Scientist
- Game Developer
- Computer Forensic Investigator
- Network Engineer
Daftar Sekarang