Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Ada apa saja di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNUSIDA ?
Ayo kunjungi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNUSIDA
>> Tentang FKIP <<
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo berdiri berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 195/E/0/2014 Tanggal 4 Juli 2014. Saat ini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo mempunyai 2 Program Studi yaitu Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Tenaga pengajar (dosen) berjumlah 24 orang. Kampus yang berlokasi di Kabupaten Sidoarjo yang merupakan kabupaten penyangga Kota Surabaya menjadikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan pilihan yang tepat bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri. Fasilitas berupa ruang kuliah, Laboratorium di setiap program studi, ruang kemahasiswaan, musholla dan Akses Internet yang merata. Dengan Fasilitas dan Tenaga Pengajar yang mendukung, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo telah memperoleh prestasi yang membanggakan di tingkat nasional dengan menjadi Juara dan aktif menjadi peserta di beberapa Lomba seperti PKM, LKTI, PHBD, Lomba bidang olahraga, Lomba bidang keagaamaan dll. Selain mengembangkan diri dibidang Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan aktif mengadakan kuliah tamu, seminar nasional, pelatihan untuk lebih mengembangkan mahasiswa sehingga menjadi lulusan yang mempunyai jiwa edupreneur dan profesional di bidangnya. Tenaga pengajar juga sebagian mempunyai prestasi di bidang penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat.

Program Studi

SEPUTAR PBI UNUSIDA

Pendidikan Bahasa Inggris fokus pada pembelajaran mendengarkan, berbicara, membaca, menulis juga penggunaan bahasa Inggris dalam berbagai konteks seperti berkomunikasi dalam bisnis, presentasi, penulisan artikel, bahkan pertunjukan drama. Tentu saja kamu juga akan mempelajari tata bahasa serta materi tentang kependidikan, seperti pengembangan kurikulum dan teaching assessment.

Lulusan jurusan Pendidikan Bahasa Inggris punya peluang kerja yang luas. Selain menjadi guru bahasa Inggris di sekolah, kamu bisa membuka usaha kursus bahasa Inggris untuk siswa SD, SMP, SMA, bahkan kursus untuk persiapan TOEFL ataupun IELTS. Karena selain pengusaan tata bahasa yang baik, kamu juga memiliki bekal ilmu kependidikan untuk mengajarkan bahasa Inggris kepada siswa. Kamu pun bisa membuka jasa penerjemahan maupun penyuntingan artikel bahasa Inggris. Untuk mengembangkan potensi yang ada dalam dirimu, bisa juga lho menjajal bidang lain, seperti media dan kreatif, pariwisata, dan lainnya. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UNUSIDA menerapkan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan di masyarakat, sehingga menghasilkan lulusan yang siap bekerja dan berwirausaha.

APA YANG DIPELAJARI?
- Language Skills
- Curriculum Development
- Research Design
- Literature
- Linguistics
- English for Specific Purposes (ESP)

PROSPEK KERJA
- Guru Bahasa Inggris
- Tour Guide
- Translator
- Content Writer
- Public Relations
- Interpreter
SEPUTAR PGSD UNUSIDA

Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) adalah bidang ilmu yang memberi bekal tentang bagaimana cara menjadi seorang pendidik sekaligus pengajar bagi siswa-siswi Sekolah Dasar. Kamu akan mempelajari berbagai materi pelajaran, sehingga kamu akan memiliki wawasan yang luas. Kamu akan mempelajari banyak bidang, mulai dari Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, juga PPKn. Selain itu, kamu juga belajar cara membuat rencana pembelajaran.

Lulusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar memang dicetak jadi Guru. Tapi tidak menutup kemungkinan kamu bisa mencoba profesi lain di bidang pendidikan. Misalnya, kamu bisa jadi seorang pakar yang memberikan pelatihan mengajar kreatif kepada guru-guru SD di berbagai wilayah di Indonesia atau kamu bisa menjadi konsultan dalam mengembangkan sekolah. Apabila kamu suka menulis, kamu bisa menyusun buku ajar, jadi editor buku ajar juga buku latihan soal. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNUSIDA menerapkan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan di masyarakat, sehingga menghasilkan lulusan yang siap bekerja dan berwirausaha.

APA YANG DIPELAJARI?
- Pembelajaran Literasi
- IT Edupreneur
- Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar
- Media Pembelajaran
- Etika dan Profesi Guru
- Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar

PROSPEK KERJA
- Kepala Sekolah
- Guru Sekolah Dasar
- Pegawai Negeri Sipil (PNS)
- Kreator Media
- Konsultan Pendidikan
- Freelance Teacher
- Konselor
Daftar Sekarang