Fakultas Teknik

Ada apa saja di Fakultas Teknik UNUSIDA ?
Ayo kunjungi Fakultas Teknik UNUSIDA
>> Tentang FT <<
Fakultas Teknik Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo berdiri berdasarkan Surat Keputusa Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 195/E/0/2014 Tanggal 4 Juli 2014. Saat ini Fakultas Teknik Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo mempunyai 3 Program Studi yaitu Teknik Industri, Teknik Lingkungan dan Teknik Kimia. Tenaga pengajar (dosen) berjumlah 20 orang. Kampus yang berlokasi di Kabupaten Sidoarjo yang berdampingan dengan banyaknya industri sekitar menjadikan Fakultas Teknik pilihan yang tepat bagi mahasiswa untuk berkarir dan mengembangkan diri. Fasilitas berupa ruang kuliah, Laboratorium di setiap program studi, ruang kemahasiswaan, musholla dan Akses Internet yang merata. Dengan Fasilitas dan Tenaga Pengajar yang mendukung, Fakultas Teknik Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo telah memperoleh prestasi yang membanggakan di tingkat nasional dengan menjadi Juara dan aktif menjadi peserta di beberapa Lomba seperti PKM, LKTI, PHBD, Lomba bidang olahraga, Lomba bidang keagaamaan dll. Selain mengembangkan diri dibidang keteknikan, Fakultas Teknik aktif mengadakan kuliah tamu, seminar nasional, pelatihan. Seminar dan pelatihan untuk lebih mengembangkan mahasiswa sehingga menjadi lulusan yang mempunyai jiwa technopreneur dan profesional di bidangnya. Tenaga pengajar juga sebagian mempunyai prestasi di bidang penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat.

Program Studi

SEPUTAR TEKNIK INDUSTRI UNUSIDA
Teknik Industri adalah bidang ilmu yang mempelajari bagaimana mengoptimalisasi kegiatan manusia seperti; produksi, pengelolaan dan ekonomi. Lulusan Teknik Industri nantinya bertanggungjawab atas optimalisasi praktis dari sistem produksi pabrik, proposal strategi, serta desain optimal manajemen perusahaan. Di Jurusan Teknik Industri, kamu akan banyak melakukan penyelesaian masalah melalui pendekatan matematis. Teknik Industri UNUSIDA unggul dalam pengembangan IPTEK di bidang Sistem Produksi dan Teknologi Ekonomi yang berlandaskan Aqidah Islam Ahlussunnah Wal Jamaah An-Nahdliyah.

APA YANG DIPELAJARI?
- Manajemen Sumber Daya Manusia
- Perencanaan dan Pengendalian Produksi
- Pengendalian Mutu
- Statistik Industri
- Ergonomi

PROSPEK KERJA
- Industri Manufaktur
- Industri Pertambangan
- Industri Minyak dan Gas
- Industri Perbankan
- Pemerintahan
- Pengusaha
SEPUTAR TEKNIK LINGKUNGAN UNUSIDA
Teknik Lingkungan adalah bidang ilmu yang mempelajari berbagai permasalahan lingkungan dan solusi seperti konservasi sumber daya air, pengelolaan lingkungan, pengendalian pencemaran akibat limbah dan lainnya. Selain itu, kamu juga belajar bagaimana cara mencegah munculnya permasalahan lingkungan di masa depan. Kamu yang berkuliah di Jurusan Teknik Lingkungan akan diarahkan untuk bisa bisa menyelesaikan masalah lingkungan, mempermudah kerja manusia dan meminimalisir human error.

APA YANG DIPELAJARI?
- Sistem Penyediaan Air Minum
- Pengelolaan Sampah Domestik dan B3
- Sistem Pengelolaan Air Limbah
- Pengelolaan Pencemaran Tanah dan Udara
- Sistem Manajemen Lingkungan

PROSPEK KERJA
- Environmental Scientists
- Health and Safety Director
- Senior Environmental Engineer
- Water Project Manager
- Perusahaan, industri dan Manufaktur
SEPUTAR TEKNIK KIMIA UNUSIDA
Program Studi Teknik Kimia merupakan bidang studi yang mempelajari bagaimana mendesain dan mengembangkan proses, mengoperasikan berbagai peralatan suatu plan dan management dari berbagai macam proses industri. Di Teknik Kimia kamu juga akan belajar bagaimana pengelolaan energi, pengelolaan limbah, dan penyesuaian isu lingkungan, serta melakukan analisis ekonomi dalam suatu industri.

APA YANG DIPELAJARI?
- Kimia Dasar
- Bahan Konstruksi dan Korosi
- Termodinamika
- Mikrobiologi Industri
- Sintesa dan Simulasi Proses
- Teknologi Nano

PROSPEK KERJA
- Industri Pangan
- Quality Control
- Insinyur Kesehatan dan Keselamatan Industri
- Staf Research and Development
- Pertambangan dan Perminyakan
Daftar Sekarang